Keunggulan Dan Jumlah Kapal Perang Indonesia

Indonesia merupakan sebuah negara kepulauan yang sebagian besar wilayahnya adalah area laut. Hal ini membuat Indonesia dapat menjadi sasaran empuk bila menjadi serangan musuh.

Sedangkan sebuah negara belum menjadi negara yang garang bila belum memiliki pertahanan kelautan yang kuat. Sehingga setiap Negara memiliki kapal sendiri, namun dalam jenis serta jumlah kapal yang dimiliki setiap negara berbeda-beda.

Tergantung pada setiap Negara tersebut. Sebab satu unit kapal perang harus memiliki persenjataan lengkap dan daya tampung yang besar.

Tidak heran bila harga satu unit kapal perang ini dibanderol dengan harga yang cukup mahal. Itu juga bergantung dari kekuatan sebuah kapal, semakin mahal harga kapal semakin kuat dan lengkap juga persenjataan yang dibekalkan kapal tersebut.

Saat ini Indonesia telah sukses membuat kapal perang sendiri. Bahkan kapal buatan Indonesia saat ini telah go Internasional dengan adanya pemesanan pembuatan kapal perang yang dipesan oleh Negara lain.

Kali ini kita akan membahas mengenai keunggulan dan jumlah kapal perang Indonesia Untuk lebih jelasnya mari kita ulas bersama pembahasan kita kali ini.

Keunggulan Kapal Buatan Indonesia

Sebelum kita menuju pembahasan banyaknya kapal milik Indonesia, kita akan membahas terlebih dahulu mengenai keunggulan kapal buatan Indonesia ini. Jaman dahulu sebuah negara yang memiliki pertahanan laut yang kuat dianggap menjadi negara yang kaya dan juga kuat.

Namun saat ini kapal perang ini tidak hanya dipergunakan untuk pertahanan laut saja. Selain untuk berpatroli menjaga wilayah teritorial kelautan Indonesia, kapal perang juga mengemban misi kemanusiaan bagi daerah yang terkena bencana.

Seperti yang telah diungkapkan sebelumnya, kapal Indonesia telah berhasil go Internasional. Dimana PT PAL Surabaya berhasil menjual dua unit kapal perang ke Negara tetangga Filipina. Kapal pesanan Filipina ini bertipe Strategic Sealift Vessel atau SSV.

Kapal perang buatan Indonesia ini dianggap tidak hanya mampu sebagai kapal perang namun juga berguna untuk non perang. SSV buatan Indonesia ini memiliki daya tampung hingga 500 personil.

Selain itu keunggulan SSV ini dapat membawa 2 unit helikopter, kapal Landing Craft Utility, Landing Craft Vehicle Personel, truk militer hingga tank. Keunggulan kapal buatan Indonesia ini juga mampu menjangkau perairan dangkal. Kapal yang memiliki panjang 123 meter dan lebar 21,8 meter ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 15 knot.

Jumlah Kapal Perang Indonesia

Seluruh kapal yang dimiliki TNI Angkatan Laut Indonesia ini memiliki inisial tersendiri yakni KRI. Yang memiliki kepanjangan Kapal Republik Indonesia. Berdasarkan catatan TNI AL negara kita Indonesia ini memiliki banyak kapal perang dengan jenis yang berbeda-beda. Rincian kapal perang milik Indonesia ini adalah 6 unit kapal perang berjenis Fregat, 25 unit kapal perang berjenis Korvet, serta berbagai kelas dan juga jenis lainnya.

Kapal lainnya ini seperti kapal cepat rudal, kapal LST, kapal LPD, kapal patroli, hingga kapal selam. Sebagai Negara kepulauan memang sangat diharuskan Indonesia memiliki pertahanan Laut yang kuat dengan jumlah kapal perang Indonesia yang banyak.

Negara kita ini juga memiliki beberapa unit kapal selam, 2 kapal layar bertiang tinggi, serat beberapa kapal perang yang masih dalam tahap pembangunan. Kapal-kapal tersebut belum termasuk kapal patroli KAL atau Kapal Angkatan Laut yang memiliki jumlah hingga 317 unit.

Nah itu adalah sedikit ulasan kita mengenai keunggulan dan jumlah kapal perang Indonesia. Menjadi negara yang memiliki wilayah teritorial laut yang luas, membuat Indonesia harus memiliki pertahanan kelautan yang kuat.

Tidak heran bila Negara kita ini mempunyai banyak sekali kapal tempur dengan berbagai jenis dan bersenjata lengkap. Selain itu, kapal buatan Indonesia ini telah berhasil go Internasional, yang dianggap memiliki banyak keunggulan.

Deskripsi : Kapal perang milik Indonesia memiliki jumlah yang banyak karena wilayah Indonesia sebagian besar adalah laut.