Kapal Selam Buatan Indonesia

Setiap Negara pastinya memiliki kapal yang dipergunakan untuk kepentingan pertahanan Negara. Sama seperti negara lainnya, Indonesia juga memiliki kapal-kapal untuk pertahanan Negara ini.

Kapal yang dipergunakan sebagai pertahanan Negara, ada dua jenis yakni kapal perang dan juga kapal selam. Setiap tahunnya Kementrian Pertahanan Indonesia memang melakukan pembenahan dan juga memperbaharui berbagai sistem persenjataan yang kurang atau sudah tua dimakan usia.

Saat ini PT PAL selaku pembuat kapal selam buatan Indonesia ini memang tengah sibuk membuat kapal selam yang mulai diproduksi sejak 2015 lalu. Berdasarkan rencana kapal ini akan rampung pada 2018 November mendatang. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas selengkapnya disini.

Kegunaan Kapal Selam

Kapal selam merupakan kapal yang bergerak di bawah permukaan air laut. Dan pada umumnya kapal selam ini dipergunakan untuk kepentingan militer sebuah Negara.

Setiap Angkatan Laut suatu Negara memiliki kapal selam ini, walaupun dalam jumlah dan jenis yang berbeda-beda. Contohnya saja seperti Jerman, saat perang Dunia I dulu Jerman telah menugaskan kapal selam mereka untuk membantu melawan musuh.

Kapal selam yang populer ini bernama U-Boat dan merupakan kepanjangan dari Unterseeboot. Kemajuan Zaman yang semakin bertambah ini, membuat fungsi kapal selam tidak hanya sebagai ketahanan militer saja.

Namun saat ini kegunaan kapal selam juga difungsikan sebagai ilmu pengetahuan bawah laut dan juga air tawar. Kapal ini digunakan juga untuk menjelajah bawah air dengan kedalaman yang tidak dapat dijangkau oleh manusia.

Kapal Selam Terbaru Buatan Indonesia

Produksi Kapal selam terbaru buatan Indonesia merupakan sebuah perwujudan kerjasama dengan pihak asing yaitu Korea Selatan.

Kotrak antara pemerintahan Indonesia dengan perusahaan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME) Korea Selatan telah disetujui sejak tahun 2011 lalu, dengan menghabiskan biaya senilai USD 1,07 juta. Indonesia telah memesan tiga kapal selam kepada perusahaan Daewoo ini.

Dimana dua unit armada ini diproduksi di Negara mereka Korea Selatan dan yang satu diproduksi di Indonesia. Kapal buatan Indonesia ini akan diproduksi oleh PT PAL Surabaya.

Pembuatan satu kapal selam di tanah air ini berguna agar Indonesia menjadi satu negara ahli teknologi kapal selam khususnya. Untuk mencapai tujuan Indonesia menjadi negara ahli teknologi kapal ini, Indonesia telah mengirimkan 206 tenaga ahli untuk belajar langsung teknik membuat kapal di Korea Selatan.

Pemerintah Indonesia sangatlah berharap agar para insinyur yang mereka kirim ini, mampu menyerap ilmu di Korea Selatan lalu menerapkannya di Indonesia. Terakhir kali Indonesia mengirimkan para ahli untuk belajar mengenai mesin perang sekitar 15 tahun yang lalu. Yakni pada masa pemerintahan B. J. Habibie.

Hal yang sangat mengecewakan, namun dengan pengiriman saat ini, diharapkan Indonesia mampu membuat dan juga menjadi pesaing dalam pembuatan kapal milik Indonesia sendiri.

Saat ini kapal ini telah mulai diproduksi sejak 2015 lalu, dan direncanakan kapal ini akan rampung serta dapat digunakan pada November 2018 mendatang.

Tentunya para masyarakat sangat menaruh harapan besar terhadap para ahli yang telah belajar di Korea Selatan ini. sehingga Indonesia mampu untuk membuat kapal selam sendiri.

Nah itulah sedikit ulasan mengenai kapal selam buatan Indonesia. Pengiriman para ahli insinyur dari Indonesia untuk belajar ke Korea Selatan ini bertujuan agar Indonesia dapat memproduksi kapal selam sendiri.

Bahkan mampu bersaing dengan produksi Negara-negara lainnya. Sebagian masyarakat telah mendukung tujuan ini, walaupun sebagian lagi termasuk pemerintah sendiri juga meragukan mengenai kemampuan PT PAL dalam memproduksi kapal selam ini.

Kita sebaik mendukung agar Indonesia mampu memproduksinya dengan baik dan pada November 2018 mendatang Indonesia mampu merampungkan kapal selam produksi sendiri ini.

Deskripsi : kapal selam buatan Indonesia telah mulai diproduksi pada tahun 2015 lalu dan direncanakan selesai pada November 2018 mendatang.