Kapal Perang Indonesia Tercanggih 2016

Indonesia selalu berinovasi dalam sistem pertahanan di negaranya terutama pada tahap angkatan laut. Hal ini dikarenakan sebagian besar wilayah dari Indonesia adalah lautan dan wilayah laut sangat mudah untuk di ubah oleh negara lain jika tidak melakukan patroli secara berkala.

Oleh karena itu, Indonesia mempertahankan kawasan laut mereka dengan mengembangkan armada laut melalui penyediaan kapal perang Indonesia tercanggih.

Berikut ini, akan saya sebutkan kapal tercanggih yang dimiliki Indonesia dalam mempertahankan garis depan mereka dari serangan teroris maupun negara lain.

KRI RE Martadinata

Pertama, menurut banyak pengamat angkatan laut, kapal tercanggih yang dimiliki oleh tentara negara Indonesia saat ini adalah KRI RE Martadinata. Armada laut ini adalah armada laut dari Fregat Sigma 10514 Perusak Kawal Rudal yang dibuat dari kerjasama antara PT PAL bersama dengan Damen Shipyard belanda.

Panjang dari KRI RE Martadinata adalah 105,11 meter dengan lebar 14,2 meter. Dalam beroperasi, RE Martadinata dilengkapi dengan dua perahu karet yang digunakan untuk patroli ke daerah yang sempit serta melakukan penyelamatan saat terjadi kecelakaan di laut.

Pada bagian belakang, RE Martadinata memiliki helipad yang siap digunakan untuk melakukan evakuasi darurat ketika keadaan terdesak datang.

Kemampuan dari fregat ini sangat diandalkan pada kecepatannya. Kecepatan yang bisa dicapai oleh RE Martadinata sekitar 28 knot pada kecepatan maksimal dan dapat berjalan selama 20 hari non-stop ketika berjalan dengan kecepatan tetap sebesar 14 knots.

Mesin dari kapal ini juga sangat mumpuni karena berasal dari kombinasi diesel dan elektrik yang membuat bahan bakar lebih irit.

Baling-baling yang digunakan untuk menggerakkan kapal tercanggih Indonesia ini ada dua baling-baling dengan ukuran besar dan tentunya menambah tenaga kecepatan bagi armada laut ini sendiri. KRI RE Martadinata juga dilengkapi senjata canon guna melawan musuh.

KRI Spica 934

Kapal canggih terbaru dari kemiliteran Indonesia salah satunya adalah KRI Spica 934. Armada laut ini berjenis armada laut pengamat yang digunakan untuk berpatroli dan melakukan pendataan wilayah atau yang sering disebut pemetaan.

Tentu saja, sebagai kapal militer, armada laut ini memiliki kecenderungan menjadi kapal untuk berperang. Untuk persenjataan, kapal ini dilengkapi dengan senjata PSU Rheinmetall mitraliur caliber 12,7 mm yang memiliki daya hancur yang hebat karena ukuran kalibernya. Senjata ini juga bisa digunakan untuk melawan serangan udara seperti helicopter dan pesawat.

KRI Regel 933

Untuk seri KRI Regel 933, sistem pemetaan yang diberikan pada kapal ini jauh lebih maju. Dengan berbekal banyak sekali alat untuk mengukur wilayah, KRI Regel 933 memiliki keahlian tinggi untuk mengukur kedalaman pula.

Untuk tingkat laut dangkal, echo sounder dengan jenis Kongsberg’s EA600 Kedalaman dari laut dangkal sendiri berkisar dari 0 – 450 meter. dimiliki oleh KRI Regel 933.

Untuk laut yang lebih dalam, Autonomous underwater vehicle atau sejenis robot pengukur kedalaman diberikan pula pada Regel 933 ini dan robot ini dapat mengukur kedalaman sampai 1000 meter. Untuk senjata, caliber 20 mm dipasang di atas kapal ini.

Itulah tiga kapal milik Indonesia yang tercanggih terutama di bidang militer. Kemampuan dari armada laut tercanggih ini tentu memberikan banyak support pada pertahanan Indonesia.

Armada tercanggih ini memungkinkan tim patroli laut Indonesia mendapatkan akses yang lebih mudah ke berbagai tempat dengan kecepatannya yang luar biasa.

Deskripsi: kapal militer tercanggih milik Indonesia hadir dengan banyak sekali fitur dan kelebihan yang meningkatkan kekuatan pertahanan Indonesia.