Kapal Perang Buatan Indonesia

Negara Indonesia merupakan Negara maritim yang sebagian besar wilayahnya adalah wilayah laut. Tidak heran bila pemerintah Indonesia harus memiliki Angkatan Laut yang kuat.

Saat ini Angkalatn Laut Indonesia tidak dapat dipandang sebelah mata saja. Buktinya Indonesia berhasil memiliki kapal perang canggih buatan Indonesia.

Kapal-kapal ini ditugaskan oleh pemerintah Indonesia untuk latihan perang, mengamankan area laut dan juga batas teritorial Negara. Mengingat Indonesia memiliki wilayah laut yang lebih luas dibandingkan dengan wilayah daratnya.

Keamanan Laut menjadi hal yang penting untuk Indonesia. Pastinya anda sudah penasaran, kapal perang apasaja yang canggih ini? berikut ulasannya untuk anda.

Kapal Perang Indonesia

  1. Kapal Induk Helikopter

Kapal perang Indonesia yang pertama ialah kapal induk Helikopter. Salah satu kapal milik Angkatan Laut Indonesia ini dibuat oleh PT PAL Surabaya. Kapal Landing Platfrom Dock atau LPD 125 M ini didesain dengan persenjataan lengkap dan juga persenjataan tempur yang kuat.

Bukan hanya itu saja, kapal ini dilengkapi dengan Fire Control System yang berguna untuk melindungi pendaratan pasukan, pendaratan helikopter dan juga pendaratan kendaraan tempur.

LPD mampu menampung 50 personil termasuk dengan 354 tentara, crew dan juga officer. Kehebatan kapal LPD ini juga dapat mengangkut 5 unit helikopter dan mampu berlayar selama 30 hari secara terus menerus.

  1. KRI Banda Aceh

Kapal perang canggih Indonesia yang juga menjadi unggulan Negara adalah KRI Banda Aceh. Kegagahan KRI Banda Aceh dibuktikan dengan mampu menampung 5 unit helikopter, dimana tiga helikopter berada di dek dan dua lainnya berada di hanggar.

Kehebatan kapal perang ini juga mampu mengangkut 22 tank, 560 pasukan serta 126 awak kapal. Tidak berhenti sampai disitu saja, kapal tersebut juga mampu membawa kombinasi 20 truk dan 13 tank.

KRI Banda Aceh yang memiliki panjang 125 meter x 22 meter ini difungsikan untuk operasi militer, mobilisasi pasukan dan juga dalam misi kemanusiaan dengan membawa logistik bagi daerah yang terkena bencana. Kapal yang diresmikan pada tahun 2011 ini, secara resmi telah diserahkan kepada TNI AL dari PT PAL Surabaya.

Kapal Cepat Rudal Indonesia

  1. KRI Kunjang 642

KRI Kunjang 642 ini juga menjadi salah satu kapal cepat rudal Indonesia yang mampu memperkuat pertahanan Laut kita. Bagaimana tidak, kapan yang resmi diluncurkan pada April 2011 ini mampu berlayar dengan kecepatan maksimum hingga 30 knot.

Kapal buatan PT Palindo Marine Batam ini memiliki persenjataan yang lengkap, dan sangat cocok dinobatkan sebagai kapal perang. Kapal seberat 250 tons ini dibekali dengan rudal serta senjata Sewaco tercanggih masa kini. Kapal sepanjang 44 meter x 7,40 meter ini juga mengemban misi kemanusiaan dalam membawa logistik bencana alam suatu daerah.

  1. KRI Banjarmasin 592

Selanjutnya kapal yang menjadi unggulan buatan Indonesia ini adalah KRI Banjarmasin 592. Kapal ini merupakan kapal ketiga yang berjenis LPD. Dimana dua kapal lainnya telah dibuat oleh perusahaan Daesun Shipbuilding and Engineering Korea Selatan, dan saat ini diproduksi oleh PT PAL Surabaya.

KRI Banjarmasin 592 ini dirancang sebagai pembantu operasi amfibi. Kapal tempur ini memiliki kemampuan yang jempolan, sebab mampu mengangkut 5 unit helikopter dan mengangkut pasukan bersenjata. Selain menjadi kapal Indonesia berteknologi mutakhir, kapal berdesain semi siluman ini juga mengemban misi kemanusiaan.

Selesai sudah pembahasan kita kali ini mengenai kapal perang buatan Indonesia. Kapal buatan Indonesia memang tidak dapat dipandang sebelah mata.

Kapal perang buatan Negeri tercinta kita ini mampu bersaing dengan kapal-kapal luar Negeri. Kapal buatan Indonesia tidak hanya canggih, selain itu juga cepat dan bersenjata yang dapat menguatkan wilayah teritorial perairan Negara kita.

Deskripsi : kapal perang buatan Indonesia merupakan kapal canggih, cepat, kuat dan juga dibekali senjata yang lengkap.