4 Diantara Pesawat Terbang Rakitan Indonesia

Indonesia sebenarnya sering mendatangkan pesawat buat tujuan transportasi umum ataupun untuk aspek kemiliteran. Namun, bilakah Anda tahu apabila sejumlah buatan anak negeri di bidang dirgantara sudah bisa menembus dan sejajar di kancah internasional.


sejumlah pesawat atau helikopter karya anak negeri kapasitasnya sudah diterima dunia. Bahkan, beberapa diantaranya laku ketika dijual di bursa global. Berikut ini ialah beberapa pesawat selaku instrumen transportasi publik dan angkutan perang udara yang merupakan produk buatan anak bangsa.

1. N219
N219 merupakan pesawat karya PT Dirgantara PT DI dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional LAPAN. pada pembuatannya, pesawat jenis ini ditargetkan dapat terbuat dari 2015 sampai 2017. disebabkan telah banyak negara yang akan membelinya. Pesawat ini dapat di muati 19 orang dan salah satu alat angkutan dirgantara yang cocok difungsikan untuk penerbangan lintas provinsi jarak pendek sehingga mampu menyusuri daerah terasing.

2. CN-295
Dengan kerja sama PT DI dan PT Airbus Military terbuatlah pesawat CN-295 yang difungsikan kepada kemiliteran. sesungguhnya pesawat berjenis angkut kategori menengah yang memakai mesin PW127G turboprop ini prototypenya telah dipublikasikan di tahun 1998 silam.

CN-295 memiliki kemampuan angkut untuk 71 pasukan maupun benda dengan berat 9.250 kilogram atau 3 ribu kilogram dan mampu bermanuver dengan bagus secara gampang. Pesawat ini mempunyai panjang 24,50 meter, tinggi 8,60 meter dan panjang sayap 25,81 meter. Pesawat ini mempunyai jangkauan tempur maksimal 1.300 km dengan kecepatan maksimum 576 km/jam.

3. NAS 332
NAS 332 adalah pesawat bertipe helikopter dengan kemampuan gerak yang tangguh untuk perjalanan udara dan tidak kalah bagus dengan karya negara lain. Helikopter ini dapat mengangkut bobot seberat 4,627 kilogram ketika kosong. Sebagai angkutan udara helikopter ini mampu mengangkut 18-24 orang untuk sekali perjalanan. Menggunakan mesin 2 Turbomeca Makila 1A1 dengan motor turbin 1.357 kW yang mampu membuatnya melesat pada kecepatan maksimum 278 km/jam dan meraih ketinggian tertinggi 7.200 meter dan jarak tempuh maksimal 831 km.

4. N-2130
Pada tahun kejayaannya, PT Industri Pesawat Terbang Nusantara IPTN sukses mengembangkan pesawat angkutan publik yang di beri nama N-2130. Pesawat terbang dari Brazil bernama Embraer menjadi sumber para ahli di IPTN dalam membuat N-2130.

Pada perkembangannya, N-2130 lumayan laris diborong banyak maskapai dari berbagai negara. tapi sayang, ketenaran N-2130 mesti terkubur dalam-dalam serta pembuatannya mesti terhenti saat krisis moneter menghantam Nusantara pada tahun 1997-1998 lalu.

5. CN-235
CN-235 ialah pesawat karya anak bangsa yang bekerja sama dengan CASA asal Spanyol. Pesawat berjenis angkut kelas sedang ini memakai dua mesin turboprop yang bisa membawa benda atau orang dengan jumlah banyak tanpa mendapati gangguan terbang saat mengangkasa. Selain untuk kegunaan transportasi umum, CN-235 juga digunakan bagi tujuan militer yang juga diminati sejumlah negara di dunia, seperti Amerika Serikat, Arab Saudi dan bangsa-bangsa di Afrika Selatan serta yang ada di semenanjung Arab.

Categories TNI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *